Proses Bisnis yang sedang Berjalan (Narasi)


   1.      Proses Bisnis Penerimaan Order
 
1.       Narasi Proses Penerimaan Order
 
Sekretarismenerima pemesanan order dari pelanggan. Kemudian sekretaris mencatat barang yang dipesan pelanggan secara rinci.Selanjutnya barang yang telah sampai di perusahaan akan diterima oleh sekretaris beserta data barang pemesanan, data pelanggandan tanda bukti penerimaan barang. Kemudian sekretaris mengecek barang yang diterima dan membuat bukti pemesan menjadi 3 rangkap dan laporan barang yang kurang lengkap akan dibuat dokumen untuk ditundanya pengiriman barang. Rangkap pertama warna merah diserahkan kepada pimpinan, rangkap dua warna kuning serta dokumen diserahkan kepada depbkolektor dan rangkap tiga warna biru di pegang oleh sekretaris.Depbkolektor memindahkan bukti pemesanan sesuai data rangkap kuning di kertas order dan memberikannya kepada staff lapangan. Dokumen yang diterima disimpan depbkolektor untuk menghubungi pelanggantentang penundaan pengiriman.
Kemudian memberikan kertas order data barang dan data pelanggan ke pengawas lapangandan memasukkan barang kedalam  gudang. Setelah kendaraan siap, Pegawas lapangan memeriksa barang digudang lalu menyiapkan barang yang akan dikirimkan ke pelanggan. Kemudian memberikan kertas order data barang dan data pelanggan ke staff lapangan. Kemudian staff lapangan mengirimkan barang ke pelanggan.

2.  Naratif Proses Bisnis Pengiriman Barang

Bagian peralatan melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan yang akan digunakan dengan tujuan tidak ada hambatan yang terjadi ketika sedang melakukan pengiriman.Setelah kendaraan siap, bagian peralatan menghubungi pengawas lapangan. Pengawas lapangan langsung menyiapkan barang ke kendaraan dan menghubungi staff lapangan bahwa barang siap untuk dikirim ke pelanggan dan memberikan kertas order data barang dan data pelanggan. Staff lapangan mengirimkan barang dan meminta paraf ke pelanggan sebagai bukti penerimaan barang dan memberi tanda terima sementara. Bukti penerimaan barang diserahkan kepada bendahara. Berdasarkan bukti tersebut, bendahara membuat data penerimaan barang dan mengcopy 1 rangkap. Lalu data penerimaan barang diserahkan kepada depbkolektor. Depbkolektor akan membuat data penagihan ke pelanggan.
  
3.   Naratif Proses Bisnis Pembayaran

        Pelangganakanmendatangiperusahaandanmemberitanda terimasementarakeSekretaris, selanjutnya sekretaris mengambil data rangkap biru dan menandatanganinya dan memberikannya ke pelanggan.Lalu pelanggan akan menuju Bendahara untuk melakukan pembayaran. Pelanggan menyerahkan data rangkap biru ke Bendahara. Berdasarkan rangkap biru tersebut, disesuaikan dengan data penerimaan. Kemudian bendahara mencatat apa saja yang telah dibayarolehpelanggan dan menyalinnya kedalam buktipembayaran yang membantudalamlaporankeuangan dan memberikan tanda terima pembayaran kepada pelanggan sebagai bukti barang yang dipesan sudah dilakukan pembayaran.
Tetapi apabila pelanggan belum bisa membayar secara langsung, pihak perusahaan akan memberikan tempo selama 1 – 3 minggu.Pembayaran dengan cara ini akan ditangani langsung oleh depbtkolektor.Sebelum datang kepelanggan, Depkolektor meminta catatan kepada bendahara untuk mengecek pelanggan yang belum membayar.Kemudian Depkolekor akan menghubungi pelanggan melalui via telepon untuk mengkonfirmasi kapan pembayaran akan dilakukan. Setelah jatuh pada temponya, deptkoletor langsung mendatangi pelanggan untuk membayar barang yang sudah dipesan. Jika pelanggan sudah melakukan pembayaran maka akan menerima tanda terima pembayaran dari debtkolektor. Selanjutnya menyerahkan pembayaran tersebut ke bendahara untuk dicatat dan dibuat laporan.

 
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar

EmoticonEmoticon

:)
:(
=(
^_^
:D
=D
=)D
|o|
@@,
;)
:-bd
:-d
:p
:ng