1. Proses Bisnis Penerimaan Order
1. Narasi
Proses Penerimaan Order
Sekretarismenerima
pemesanan order dari pelanggan. Kemudian
sekretaris mencatat barang yang dipesan pelanggan secara rinci.Selanjutnya barang
yang telah sampai di perusahaan akan diterima oleh sekretaris beserta data
barang pemesanan, data pelanggandan tanda bukti penerimaan barang. Kemudian
sekretaris mengecek barang yang diterima dan membuat bukti pemesan menjadi 3 rangkap dan laporan
barang yang kurang lengkap akan dibuat dokumen untuk ditundanya pengiriman
barang. Rangkap pertama warna merah diserahkan kepada pimpinan, rangkap dua warna kuning serta dokumen
diserahkan kepada depbkolektor dan
rangkap tiga warna biru di pegang oleh sekretaris.Depbkolektor
memindahkan bukti pemesanan sesuai data rangkap kuning di kertas order dan
memberikannya kepada staff lapangan.
Dokumen yang diterima disimpan depbkolektor untuk menghubungi pelanggantentang penundaan pengiriman.
Kemudian memberikan
kertas order data barang dan data pelanggan ke pengawas
lapangandan memasukkan barang kedalam gudang. Setelah kendaraan siap, Pegawas
lapangan memeriksa barang digudang lalu menyiapkan barang yang akan dikirimkan
ke pelanggan. Kemudian memberikan kertas order data barang dan data pelanggan ke
staff lapangan. Kemudian staff lapangan
mengirimkan barang ke pelanggan.
2. Naratif
Proses Bisnis Pengiriman Barang
Bagian peralatan melakukan pemeriksaan terhadap
kendaraan yang akan digunakan dengan tujuan tidak ada hambatan yang terjadi
ketika sedang melakukan pengiriman.Setelah kendaraan siap, bagian peralatan
menghubungi pengawas lapangan. Pengawas
lapangan langsung menyiapkan barang ke kendaraan dan menghubungi staff lapangan bahwa barang siap untuk dikirim ke
pelanggan dan memberikan
kertas order data barang dan data pelanggan. Staff lapangan mengirimkan barang dan meminta paraf
ke pelanggan sebagai bukti penerimaan barang dan
memberi tanda terima sementara. Bukti penerimaan barang diserahkan
kepada bendahara. Berdasarkan bukti
tersebut, bendahara membuat data
penerimaan barang dan mengcopy 1 rangkap. Lalu data penerimaan barang
diserahkan kepada depbkolektor. Depbkolektor akan membuat data penagihan ke
pelanggan.
3. Naratif Proses Bisnis Pembayaran
Pelangganakanmendatangiperusahaandanmemberitanda
terimasementarakeSekretaris, selanjutnya sekretaris
mengambil data rangkap biru dan menandatanganinya dan memberikannya ke
pelanggan.Lalu pelanggan akan menuju Bendahara
untuk melakukan pembayaran. Pelanggan menyerahkan data rangkap biru ke
Bendahara. Berdasarkan rangkap biru tersebut, disesuaikan dengan data penerimaan.
Kemudian bendahara mencatat apa saja yang telah dibayarolehpelanggan dan menyalinnya kedalam buktipembayaran yang membantudalamlaporankeuangan dan memberikan
tanda terima pembayaran kepada pelanggan sebagai bukti barang yang dipesan
sudah dilakukan pembayaran.
Tetapi apabila pelanggan belum bisa
membayar secara langsung, pihak perusahaan akan memberikan tempo selama 1 – 3
minggu.Pembayaran dengan cara ini akan ditangani langsung oleh depbtkolektor.Sebelum datang kepelanggan,
Depkolektor meminta catatan kepada bendahara untuk
mengecek pelanggan yang belum membayar.Kemudian Depkolekor akan menghubungi pelanggan
melalui via telepon untuk mengkonfirmasi kapan pembayaran akan dilakukan.
Setelah jatuh pada temponya, deptkoletor langsung mendatangi pelanggan untuk
membayar barang yang sudah dipesan. Jika pelanggan sudah melakukan pembayaran
maka akan menerima tanda terima pembayaran dari debtkolektor. Selanjutnya
menyerahkan pembayaran tersebut ke bendahara untuk dicatat dan dibuat laporan.
1 komentar:
Write komentartks ya
ReplyEmoticonEmoticon