EKSPEDISICV RATU
TRANSPORT
JL. VETERAN NO.
24G
PALEMBANG
1.
PROFIL
PERUSAHAAN
A.
SEJARAH
Pengiriman
barang merupakan suatu kebutuhan dari organisasi produksi. Dengan bermodalkan
SDM yang bercirikan etos kerja yang tinggi, dan ditunjang oleh semangat untuk
terus maju adalah merupakan aset perusahaan yang sangat berharga. Pengiriman barang dilakukan
langsung dari pabrik yang berpusat di Jakarta dan hanya menyewakan jasa
pengiriman barang yang ada di kota Palembang. CVRatuTransport didirikan di tengah kota Palembang, Sumatera
Selatan pada tahun 1988 dan hanya memiliki satu cabang. Bergerak dibidang usaha
pengiriman barang seperti barang elektronik, bahan pangan, dan bahan bangunan.
Situasi pergerakan bisnis yang dinamis memacu Ekspedisi Ratu untuk terus
mengembangkan wilayah pengirimannya hingga menjangkau Jambi, Sekayu, dan
Lampung.
Awal
mulanya perusahaan ini dipimpin oleh Bambang Sutiono dengan jumlah karyawan 10
orang. Pada tahun 1998 mengalami krisis moneter, banyak penundaan pengiriman
barang karena dana yang terlalu besar. Akibatnya perusahaan mengalami kerugian
yang sangat drastis. Pada tahun yang bersamaan banyak warga masyarakat berdemo
di depan perusahaan yang mengakibatkan kebakaran di lantai dua. Sebagian barang
habis terbakar. Efek buruknya perusahaan mengalami penurunan pengiriman yang
cukup banyak dan mengalami kerugian yang cukup fantastis.
Peralihan
pimpinan pun terjadi kepada Setiawati setelah Bambang Sutiono wafat (suami).
Jumlah karyawan pun semakin meningkat sekitar 30 orang maupun mobil yang
digunakan mencapai 20 buah. Pada tahun 2000 Ekspedisi Ratu mulai mengalami
peningkatan pengiriman. Mereka mengedarkan brosur dan kartu nama kepada warga
masyarakat di sekitar perusahaan. Hingga saat ini, pelanggan pun semakin
bertambah dengan jumlah pengiriman yang cukup banyak. Sehingga dilakukan
penambahan karyawan sekitar 10 orang.
B.
VISI DAN MISI
VISI :
1.
Menjadikan
perusahaan ini lebih maju dan berkembang.
2.
Menjadikan
perusahaan pelayanan jasa transportasi
pilihan utama pelanggan yang ada di Indonesia.
MISI :
1.
Memberikan
pelayanan terbaik kepada pelanggan.
2.
Menepatkan
perioditas utama kepuasan pelanggan.
3.
Bekerja
dengan tanggungjawab kepada pelanggan.
4.
Mengembangkan
kerja sama jangka panjang yang saling menguntungkan kedua belah pihak.
C.
STRUKTUR
ORGANISASI :
Sumber : Bendahara Perusahaan, Budi Susilawati
Gambar : 3.1 Struktur Organisasi
D.
TUGAS DAN
WEWENANG
TUGAS :
Pimpinan
:
1.
Memberi
perintah kepada bawahannya.
2.
Mengatur
jalannya perusahaan.
3.
Mengendalikan
pesanan yang akan di terima oleh pelanggan.
Debtkolektor :
1.
Menagih
pembayaran kepada pelanggan
2.
Mengatur
keluar masuknya barang
Sekretaris
:
1.
Menerima
pesanan dari pelanggan.
2.
Mencatat
laporan barang masuk dan keluar.
3.
Mencatat
barang yang telah sampai pada pelanggan.
4.
Mencatat
barang yang rusak setelah masuk perusahaan.
Bendahara
:
1.
Menerima
uang dari depkolektor.
2.
Mencatat
pemasukkan dan pengeluaran.
3.
Mencatat
laporan keuangan akhir bulan.
4.
Menyimpan
dana dari dalam maupun luar perusahaan.
Pengawas
Lapangan :
1.
Mengawasi
kinerja pegawai di lapangan.
2.
Melaporkan
insiden di luar tanggung jawab kepada pimpinan.
3.
Memeriksa
persedian barang yang ada di gudang.
4.
Mempersiapkan
barang yang akan dikirim kepada pelanggan.
Staf
Lapangan :
1.
Mengantarkan
barang kepada pelanggan.
Peralatan
:
1.
Memperbaiki
kendaraan yang rusak.
WEWENANG :
Pimpinan
:
1.
Berwenang
untuk memberikan hukuman bagi bawahannya yang tidak bertanggung jawab.
2.
Berwenang
untuk memutuskan jaringan kepada pemasok maupun pelanggan.
Debtkolektor
:
1.
Berwenang
memberi perintah kepada bawahannya.
Sekretaris :
1.
Berwenang
untuk memberi perintah kepada pengawas lapangan.
Bendahara
:
1.
Berwenang
untuk memberi hasil/gaji kepada pegawai di perusahaan.
Pengawas
lapangan :
1.
Berwenang memerintah pegawai yang sedang
diawasinya.
EmoticonEmoticon