Contoh Soal Manajemen Hubungan Pelanggan

Berikut ini contoh soal dalam mhp

   3 Aktivitas manajemen untuk daur hidup pelanggan adalah 
      Mendapatkan pelanggan baru.
dengan cara menciptakan produk baru,misalnya ice cream walls. 
menciptakan produk baru dengan nama produk ice cream walls buah vita dan dengan berbagai variasi rasa.  
     dengan mengadakan promosi dan memberikan produk ice cream secara gratis kepada pelanggan lama
     dan pelanggan baru,serta mengadakan aktivitas dan games-games menarik dengan hadiah-hadiah yang menarik.
-          Mempertahankan pelanggan yang sudah ada.
Memberikan discount atau hadiah menarik bagi para pelanggan yang tetap setia pada produk yang di belinya. 
 Meningkatkan nilai pelanggan. 
Menerapkan level pelayanan. 
Memberikan pelatihan keterampilan/seminar yang berkaitan dengan produk. 
Memberikan penghargaan / hadiah kepada pelanggan tertentu.

       2 arti pelanggan baru adalah
1.  Pelanggan baru pada kategori produk baru
2.  Pelanggan pada perusahaan yang baru. 

Pelanggan yang berpindah (switch) dari perusahaan lain karena mereka merasa produk anda lebih baik dan bernilai.

      Cara mengukur kepuasan pelanggan
a.       Sistem keluhan dan saran;
                                                               Dengan cara membuka kotak saran dan menerima keluhan, saran, kritik oleh pelanggan atau bisa juga disampaikan melalui kartu informasi, customer hot line. Ini semua dimaksudkan agar perusahaan lebih mengantisipasi dan cepat tanggap terhadap kritik dan saran tersebut. 

b.      Survei kepuasan pelanggan;
                                                                Biasanya penelitian mengenai kepuasan pelanggan dilakukan melalui pos, telepon atau wawancara pribadi atau bisa juga perusahaan mengirimkan angket ke orang-orang tertentu.

c.       Pembeli bayangan;
                                                                Dalam hal ini perusahaan menyuruh orang-orang tertentu untuk membeli ke perusahaan lain, sehingga pembeli misterius ini dapat melaporkan keunggulan dan kelemahan pelayan-pelayan yang melayani. 

d.      Analisis pelanggan yang beralih;
                                                                Perusahaan yang kehilangan pelanggan mencoba untuk menghubungi pelanggan tersebut dan menanyakan kenapa mereka berhenti, pindah ke perusahaan dan lain-lain. Dengan informasi yang diperoleh maka perusahaan dapat lebih meningkat kinerjanya dengan cara meningkatkan kepuasan para pelanggan.

       Perbedaan e-comers dan e-busnis
E-commerce:
a.       Proses pembelian, penjualan, transfer, atau pertukaran produk, jasa, atau informasi melalui jaringan komputer termasuk internet.
E-business:
b.      Definisi yg lebih luas untuk e-commerce, meliputi pembelian dan penjualan barang serta jasa, pelayanan pelanggan, kolaborasi dengan mitra bisnis, pelaksanaan e-learning dan pelaksanaan transaksi elektronik dalam perusahaan

        Menarik pelanggan dan mempertahankan pelanggan
MenarikPelanggan
a.       Pemeroleha npelanggan menuntut keterampilan yang cukup dalam pengumpulan petunjuk, pengkualisifikasian petunjuk, dan pengkoversian pelanggan.
b.      Menggembangkaniklan, dan menggunakan media (surat atau menelpon, menemui langsung) calon pelanggan baru yang mungkin.
c.       Gunakan tenaga penjual dalam pameran dagang yang memungkinkan menemukan petunjuk baru.
 
Mempertahankan Pelanggan
                                                            a.      Memberikan potongan tarif (discount) kepada pelanggan yang setia.
                                                            b.      Memberikan service yang lebih baik dibanding perusahaan lain yang sejenis.
                                                            c.      Ketepatan jadwal keberangkatan atau pengiriman.

Previous
Next Post »