Berikut ini contoh soal dalam mhp
3 Aktivitas manajemen untuk daur hidup pelanggan adalah
Mendapatkan pelanggan baru.
menciptakan produk baru dengan nama produk ice cream walls buah vita dan dengan berbagai variasi rasa.
Meningkatkan nilai pelanggan.
Menerapkan level pelayanan.
Memberikan pelatihan keterampilan/seminar yang berkaitan dengan produk.
Memberikan penghargaan / hadiah kepada pelanggan tertentu.
3 Aktivitas manajemen untuk daur hidup pelanggan adalah
Mendapatkan pelanggan baru.
menciptakan produk baru dengan nama produk ice cream walls buah vita dan dengan berbagai variasi rasa.
dengan mengadakan promosi dan memberikan produk ice cream secara gratis kepada
pelanggan lama
dan pelanggan baru,serta mengadakan aktivitas dan games-games
menarik dengan hadiah-hadiah yang menarik.
-
Mempertahankan pelanggan yang sudah ada.
Meningkatkan nilai pelanggan.
Menerapkan level pelayanan.
Memberikan pelatihan keterampilan/seminar yang berkaitan dengan produk.
Memberikan penghargaan / hadiah kepada pelanggan tertentu.
2
arti pelanggan baru adalah
1.
Pelanggan baru pada kategori produk baru
2.
Pelanggan pada perusahaan yang baru.
Pelanggan yang berpindah (switch) dari perusahaan lain karena mereka merasa produk anda lebih baik dan bernilai.
Pelanggan yang berpindah (switch) dari perusahaan lain karena mereka merasa produk anda lebih baik dan bernilai.
Cara mengukur
kepuasan pelanggan
a.
Sistem keluhan dan saran;
Dengan cara membuka kotak saran dan menerima
keluhan, saran, kritik oleh pelanggan atau bisa juga disampaikan melalui kartu
informasi, customer hot line. Ini semua dimaksudkan agar perusahaan
lebih mengantisipasi dan cepat tanggap terhadap kritik dan saran tersebut.
b.
Survei kepuasan pelanggan;
Biasanya penelitian mengenai kepuasan pelanggan
dilakukan melalui pos, telepon atau wawancara pribadi atau bisa juga perusahaan
mengirimkan angket ke orang-orang tertentu.
c.
Pembeli bayangan;
Dalam hal ini perusahaan menyuruh orang-orang
tertentu untuk membeli ke perusahaan lain, sehingga pembeli misterius ini dapat
melaporkan keunggulan dan kelemahan pelayan-pelayan yang melayani.
d.
Analisis pelanggan yang beralih;
Perusahaan yang kehilangan pelanggan mencoba untuk
menghubungi pelanggan tersebut dan menanyakan kenapa mereka berhenti, pindah ke
perusahaan dan lain-lain. Dengan informasi yang diperoleh maka perusahaan dapat
lebih meningkat kinerjanya dengan cara meningkatkan kepuasan para pelanggan.
Perbedaan
e-comers dan e-busnis
E-commerce:
a.
Proses
pembelian, penjualan, transfer, atau pertukaran produk, jasa, atau informasi
melalui jaringan komputer termasuk internet.
E-business:
b.
Definisi yg
lebih luas untuk e-commerce, meliputi pembelian dan penjualan barang serta
jasa, pelayanan pelanggan, kolaborasi dengan mitra bisnis, pelaksanaan
e-learning dan pelaksanaan transaksi elektronik dalam perusahaan
Menarik
pelanggan dan mempertahankan pelanggan
MenarikPelanggan
a.
Pemeroleha npelanggan menuntut keterampilan yang
cukup dalam pengumpulan petunjuk, pengkualisifikasian petunjuk,
dan pengkoversian pelanggan.
b.
Menggembangkaniklan, dan menggunakan media
(surat atau menelpon, menemui langsung) calon pelanggan baru yang mungkin.
c.
Gunakan tenaga penjual dalam pameran dagang yang
memungkinkan menemukan petunjuk baru.
Mempertahankan Pelanggan
a.
Memberikan potongan tarif (discount)
kepada pelanggan yang setia.
b.
Memberikan service yang lebih baik dibanding
perusahaan lain yang sejenis.
c.
Ketepatan jadwal keberangkatan atau pengiriman.
EmoticonEmoticon