Pengorganisasian dan Struktur Data



Manajemen Umum
Pengorganisasian Dan Struktur Data





Disusun Oleh :
1.   Salsabila Thahirah   2011110001
2.   Melan Mardiana       2011110012
3.   Fadly Rabuka           2011110014
4.   Eva Damayanti         2011110027

 
AMIK MDP
Tahun ajaran 2012/2013



PENDAHULUAN

Puji syukur kami ucapkan kepada Allah SWT yang mana kami telah menyelesaikan tugas kami berkat bantuan dari teman-teman dan dosen yang telah membimbing kami. Suatu hasil karya yang baik, dapat di manfaatkan oleh semua orang. Disini kami berusaha untuk sedikit membantu dengan menguraikan tentang Pengorganisasian Dan Struktur Organisasi.
a.       Latar belakang
Latar belakang kami membuat makalah ini adalah agar mahasiswa bisa memahami Organisasi Dalam Manajemen.

b.      Tujuan
Tujuan dalam membuat makalah ini :
*      Membantu mahasiswa dalam pengorganisasian
*      Memudahkan mahasiswa untuk belajar tentang organisasi
*      Memberikan informasi kepada semua kalangan.
*      Mengingatkan cara organisasi yang tepat
*      Membuka wawasan organisasi

c.       Masalah
*      Apa yang menyebabkan masyarakat sulit untuk melakukan berorganisasi dengan baik ?
*      Mengapa masyarakat tidak mampu membuat sebuah organisasi yang besar ?
*      Bagaimana membuat organisasi secara unik ?


d.      Manfaat
Ada beberapa macam manfaat yang dapat kita peroleh diantaranya :
*      Dapat mempermudah kita dalam bekerja.
*      Meringankan beban dalam bekerja.
*      Dengan kita mempelajari , memperdalam dan memperluas sebuah organisasi yang benar dapat membantu pekerjaan.
 
Pengertian organisasi

Organisasi adalah sekelompok orang (dua atau lebih) yang secara formal dipersatukan dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Pengorganisasian adalah merupakan fungsi kedua dalam Manajemen dan pengorganisasian didefinisikan sebagai proses kegiatan penyusunan struktur organisasi sesuai dengan tujuan-tujuan, sumber-sumber, dan lingkungannya. Dengan demikian hasil pengorganisasian adalah struktur organisasi.

1.      Organisasi Menurut Stoner
Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.
2.      Organisasi Menurut James D. Mooney
Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
3.      Organisasi Menurut Chester I. Bernard
Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

4 BLOK PEMBANGUN ORGANISASI

1.      PEMBAGIAN PEKERJAAN (DIVISION OF WORK)
Pemecahan tugas kompleks menjadi komponen-komponen, sehingga setiap orang bertanggung jawab untuk beberapa aktivitas terbatas bukannya tugas secara keseluruhan
2.      DEPARTEMENTALISASI
Pengelompokan menjadi departemen aktivitas pekerjaan yang serupa dan secara logis berhubungan
3.      HIRARKI ORGANISASI
Suatu pola tingkat berjenjang dari sebuah struktur organisasi, dipuncaknya duduk seorang manajer yang bertanggung jawab atas operasi seluruh organisasi, yang lain, manajer dengan tingkat lebih rendah ditempatkan dibawah diberbagai tingkat organisasi

4.      KOORDINASI (COORDINATION)
Integrasi aktivitas bagian-bagian terpisah dari sebuah organisasi untuk mencapai tujuan organisasi

Dibawah ini merupakan tentang perkembangan teori organisasi:

1. TEORI ORGANISASI KLASIK
Teori ini biasa disebut dengan “teori tradisional” atau disebut juga “teori mesin”. Berkembang mulai 1800-an (abad 19). Dalam teori ini organisasi digambarkan sebuah lembaga yang tersentralisasi dan tugas-tugasnnya terspesialisasi serta memberikan petunjuk mekanistik structural yang kaku tidak mengandung kreatifitas.

2.TEORI NEOKLASIK
Aliran yang berikutnya muncul adalah aliran Neoklasik disebut juga dengan “Teori Hubungan manusiawi”. Teori ini muncul akibat ketidakpuasan dengan teori klasik dan teori merupakan penyempurnaan teori klasik. Teori ini menekankan pada “pentingnya aspek psikologis dan social karyawan sebagai individu ataupun kelompok kerja”.

3.TEORI MODERN
Berkaitan dengan lingkungan yang stabil akan tetapi organisasi merupakan system terbuka yang berkaitan dengan lingkunngan dan apabila ingin survivel atau dapat bertahan hidup maka ia harus bisa beradaptasi dengan lingkungan.

BENTUK-BENTUK ORGANISASI

1. ORGANISASI FUNGSIONAL
Suatu organisasi dimana wewenang dari pimpinan tertinggi dilimpahkan kepada kepala bagian yang mempunyai jabatan fungsional untuk dikerjakan kepada para pelaksana yang mempunyai keahlian khusus.


2. ORGANISASI FUNGSIONAL DAN GARIS
Bentuk organisasi dimana wewenang dari pimpinan tertinggi dilimpahkan kepada kepala bagian dibawahnya yang mempunyai keahlian tertentu serta sebagian dilimpahkan kepada pejabat fungsional yang koordinasinya tetap diserahkan kepada kepala bagian.

3. ORGANISASI KOMITE
Bentuk organisasi dimana tugas kepemimpinan dan tugas tertentu dilaksanakan secara kolektif oleh sekelompok pejabat, yang berupa komite atau dewan atau board dengan pluralistic manajement.

4. ORGANISASI GARIS DAN STAFF
Suatu bentuk organisasi dimana pelimpahan wewenang berlangsung secara vertical. Manajer ditempatkan satu atau lebih pejabat staff yang tidak mempunyai wewenang memerintah tetapi hanya sebagai penasehat.

5. ORGANISASI MATRIX
Organisasi dimana penggunaan struktur organisasi menunjukan dimana para spesialis yang mempunyai keterampilan dimasing-masing bagian dari bagian perusahaan dikumpulkan lagi menjadi satu untuk mengerjakan suatu proyek yang harus diselesaikan.

Organisasi Berdasarkan Tujuannya

      1.      Profit Oriented Organization

Tujuan organisasi jenis ini adalah untuk mencari keuntungan sebanyak-banyaknya. Manfaat yang di dapat dari suatu perusahaan yang menganut jenis organisasi ini hanya untuk faktor internal. Artinya, hanya orang-orang yang bekerja sama dengan perusahaan tersebut yang akan memperoleh manfaatnya.

      2.      Non Profit Oriented Organization (Organisasi Sosial)

Tujuan organisasi jenis ini tidak untuk mencari keuntungan. Tujuan utama dari organisasi jenis ini adalah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. dalam hal ini, masyarakatlah yang memperoleh manfaatnya. Organisasi sosial terbentuk dari norma-norma yang dianggap penting dalam hidup bermasyarakat. Terbentuknya organisasi sosial berawal dari individu yang saling membutuhkan, kemudian timbul aturan-aturan.


Pengertian Arti Definisai Struktur Organisasi
Struktur Organisasi adalah suatu susunan dan hubungan antara tiap bagian serta posisi yang ada pada suatu organisasi atau perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasional untuk mencapai tujuan. Struktur Organisasi menggambarkan dengan jelas pemisahan kegiatan pekerjaan antara yang satu dengan yang lain dan bagaimana hubungan aktivitas dan fungsi dibatasi. Dalam struktur organisasi yang baik harus menjelaskan hubungan wewenang siapa melapor kepada siapa.

Empat elemen dalam struktur organisasi yaitu :

1.      Adanya spesialisasi kegiatan kerja
2.      Adanya standardisasi kegiatan kerja
3.      Adanya koordinasi kegiatan kerja
4.      Besaran seluruh organisasi.


2 ASPEK PENYUSUNAN STRUKTUR ORGANISASI

1.      DEPARTEMENTALISASI
Pengelompokan kegiatan kerja suatu organisasi agar kegiatan-kegiatan yang sejenis dan saling berhubungan dapat dikerjakan bersama
2.      PEMBAGIAN KERJA
Pengelompokan kegiatan kerja suatu organisasi agar kegiatan-kegiatan yang sejenis dan saling berhubungan dapat dikerjakan bersama.

Contoh Struktur Organisasi
Dalam sebuah organisasi diperlukan sebuah struktur organisasi sebagai pedoman siapa saja yang berhak memberikan instruksi/komando serta siapa saja yang berada dibawah garis struktural untuk mempermudah dalam menjalankan sebuah organisasi.

PENGORGANISASIAN STRUKTUR VERTIKAL
   SPESIALISASI KERJA
Tingkatan dalam tugas organisasi di bagi kedalam pekerjaan-pekerjaan individual yang lebih khusus
   RANTAI KOMANDO
Garis wewenang yang menghubungkan semua individu dalam organisasi & menentukan kepada siapa seseorang memberikan laporan
   WEWENANG
Hak formal dan sah dari seorang manajer untuk membuat keputusan, mengeluarkan perintah, dan mengalokasikan sumberdaya untuk mencapai hasil yang diinginkan organisasi
 DELEGASI
Proses yang digunakan manajer untuk memindahkan wewenang dan bertanggung jawab kepada bawahan-bawahannya dalam hirarki organisasi
 RENTANG MANAJEMEN
Jumlah karyawan yang memberikan laporan pada seorang supervisor atau penyelia

 Daftar Pustaka

Modul.Manajemen Umum


Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

:)
:(
=(
^_^
:D
=D
=)D
|o|
@@,
;)
:-bd
:-d
:p
:ng