Contoh Lampiran Analisis Sistem Informasi



     Berikut merupakan tiga proses dalam sistem yang berjalan pada Ekspedisi CV Ratu Transport :

      Proses Bisnis : Pemesanan

     1.      Adakah pelanggan yang pernah membatalkan pemesanan ? Jika barang sudah disediakan, bagaimana perusahaan menyikapinya ?
Ada, terjadi sekali. Kami menyikapinya dengan menanyakan kepada pelanggan alasannya dalam membatalkan pesanan. Biasanya kurangnya kelengkapan atau barang yang tidak tersedia mengakibatkan pembatalan dalam pemesanan.

       2.      Apakah ada hari tertentu perusahaan mendapatkan orderan dalam jumlah banyak ?
Tidak tertentu, kapanpun pasti ada orderan dan kami menerima orderan tanpa batas waktunya.

     3.      Bagaimana proses pemesanan barang yang dilakukan oleh pelanggan kepada perusahaan ? Apakah dengan media online/menelpon langsung/mendatangi perusahaan ?
Proses yang dilakukan secara media telepon, ada juga yang datang langsung memastikan barang yang sudah di pesan sudah tersedia. Sifatnya menerima barang dari Jakarta yang dikirim ke Palembang, pihak Palembang hanya mengirimkan ke pelanggan yang sudah memesan di distributor Jakarta.

     4.      Menurut anda, dengan berkembangnya teknologi secara pesat. Bagaimana cara perusahaan untuk membuat pelanggan kembali menggunakan jasa pengiriman barang disini ?
Kami pada dasarnya selalu bersikap ramah dalam senyum, ucapan, dan sapaan. Disini kami dituntut untuk selalu menanggapi setiap permintaan jasa  dengan kepedulian , bantuan dan menuntaskan setiap tugas yang diberikan pelangan. Kritik dan saran yang berdatangan dari konsumen atau pelanggan sebaiknya segera ditindak lanjuti dan memberi solusi yang akurat dan efektif bukan hanya janji semata. Karena jika pelanggan memiliki kepuasan dalam layanan kami, itu akan membuat citra perusahaan semakin baik. Kebanyakan pelanggan mengandalkan cerita dari mulut ke mulut dibandingkan iklan.

Proses Bisnis :  Pengiriman Barang

    1. Berapa banyak jumlah barang yang dikirim dalam sehari ? Dalam pengiriman tersebut berapa kendaraan yang di butuhkan ?
Barang yang dikirimkan tidak tentu, 1  puso ± 20 ton berupa barang. Terkadang kendaraan yang digunakan mencapai 4-5 puso.

    1. Butuh berapa lama dalam melakukan pengiriman barang ke pelanggan ?
2-3 hari dari Jakarta ke Palembang. Perusahaan langsung mengirim ke pelanggan dalam waktu sehari jika tidak ada hambatan. Ada juga yang tidak bisa langsung dikirim karena ada beberapa faktor yang tidak mendukung seperti tidak ada tempat, maupun kendaraan dan ada dari beberapa pelanggan mengambil sendiri barangnya kesini.

    1. Adakah hambatan yang terjadi dalam proses pengiriman tersebut ?       Biasanya hambatan apa saja yang sering terjadi ?
Ada, hambatan tersebut seperti pecah ban di tengah jalan, baut yang hilang, kendaraan yang mogok maupun jalan yang tidak bagus sehingga memperlambat dalam pengiriman.

    1. Bagaimana upaya perusahaan dalam mengatasi hambatan tersebut ?
Kalau kendaraannya mogok total pasti akan menelpon perusahaan untuk minta bantuan, tapi kalau hanya hambatan ringan seperti pecah ban, kenek/supir mencari bengkel terdekat untuk memperbaiki kendaraan.

    1. Adakah perbaikan atau pengecekan terhadap kendaraan dalam melakukan pengiriman barang !
Ada, perbaikan dilakukan setiap sebulan sekali. Barang yang masuk akan dilakukan pengecekan sesuai dengan nota lalu dikirim langsung ke pelanggan.

Proses bisnis :  Pembayaran

    1. Bagaimana sistem pembayaran yang di terapkan oleh perusahaan ?
Biasanya menggunakan tanda terima sementara, atau kami menangihnya ke pelanggan. Dari beberapa pelanggan melakukan pembayaran dengan mendatangi perusahaan.

    1. Kapankah dilakukan proses pembayaran ? Apa setelah barang datang atau sebelum barang diterima oleh pelanggan ?
Proses pembayaran dilakukan sesudah barang datang dan diantar sampai ke pelanggan.

    1. Apakah terdapat potongan harga dalam pengambilan barang dengan jumlah banyak ?
Tidak ada potongan harga walaupun dengan pengambilan barang yang banyak. Kami menghitung barang, benda padat seperti besi dengan perkilo Rp.500 hitungan perkoli digunakan jika barangnya ringan. kalau perkoli dihitung dari besar kecilnya barang.
Barang kecil  Rp.5000
Barang besar  Rp.15.000 - Rp.20.000

    1. Dalam proses pembayaran, apakah diperbolehkan pelanggan melakukan pembayaran secara kredit ?
Pembayaran bisa dilakukan dengan kredit sesuai tempo. Biasaya tempo dilakukan 1-3 minggu paling lama dalam satu bulan.
Tidak ada penaikan harga dalam melakukan pembayaran secara kredit, jika BBM naik maka harga dalam pembayaran akan ikut naik.

    1. Menurut anda, bagaimana kalau dalam proses pembayaran di ganti menjadi media online ?
Menurut saya, itu sangat membantu. Akan tetapi disini belum menggunakannya dikarenakan belum mengetahui secara benar teknologi tersebut. Kami biasanya melakukan proses pembayaran dengan uang tunai, dengan bilyt giro, atau cek kontan.

Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

:)
:(
=(
^_^
:D
=D
=)D
|o|
@@,
;)
:-bd
:-d
:p
:ng