Berikut merupakan tiga proses dalam sistem yang berjalan pada Ekspedisi CV Ratu Transport :
Proses Bisnis : Pemesanan
1.
Adakah
pelanggan yang pernah membatalkan pemesanan ? Jika barang sudah disediakan,
bagaimana perusahaan menyikapinya ?
Ada, terjadi
sekali. Kami menyikapinya dengan menanyakan kepada pelanggan alasannya dalam
membatalkan pesanan. Biasanya kurangnya kelengkapan atau barang yang tidak
tersedia mengakibatkan pembatalan dalam pemesanan.
2.
Apakah
ada hari tertentu perusahaan mendapatkan orderan dalam jumlah banyak ?
Tidak tertentu,
kapanpun pasti ada orderan dan kami menerima orderan tanpa batas waktunya.
3.
Bagaimana
proses pemesanan barang yang dilakukan oleh pelanggan kepada perusahaan ?
Apakah dengan media online/menelpon langsung/mendatangi perusahaan ?
Proses yang
dilakukan secara media telepon, ada juga yang datang langsung memastikan barang
yang sudah di pesan sudah tersedia. Sifatnya menerima barang dari Jakarta yang
dikirim ke Palembang, pihak Palembang hanya mengirimkan ke pelanggan yang sudah
memesan di distributor Jakarta.
4.
Menurut
anda, dengan berkembangnya teknologi secara pesat. Bagaimana cara perusahaan
untuk membuat pelanggan kembali menggunakan jasa pengiriman barang disini ?
Kami pada
dasarnya selalu bersikap ramah dalam senyum, ucapan, dan sapaan. Disini kami
dituntut untuk selalu menanggapi setiap permintaan jasa dengan kepedulian
, bantuan dan menuntaskan setiap tugas yang diberikan pelangan. Kritik dan
saran yang berdatangan dari konsumen atau pelanggan sebaiknya segera ditindak
lanjuti dan memberi solusi yang akurat dan efektif bukan hanya janji semata.
Karena jika pelanggan memiliki kepuasan dalam layanan kami, itu akan membuat
citra perusahaan semakin baik. Kebanyakan pelanggan mengandalkan cerita dari
mulut ke mulut dibandingkan iklan.
Proses
Bisnis : Pengiriman Barang
- Berapa banyak jumlah barang yang dikirim dalam sehari ? Dalam pengiriman tersebut berapa kendaraan yang di butuhkan ?
Barang yang
dikirimkan tidak tentu, 1 puso ± 20 ton
berupa barang. Terkadang kendaraan yang digunakan mencapai 4-5 puso.
- Butuh berapa lama dalam melakukan pengiriman barang ke pelanggan ?
2-3 hari dari
Jakarta ke Palembang. Perusahaan langsung mengirim ke pelanggan dalam waktu
sehari jika tidak ada hambatan. Ada juga yang tidak bisa langsung dikirim
karena ada beberapa faktor yang tidak mendukung seperti tidak ada tempat,
maupun kendaraan dan ada dari beberapa pelanggan mengambil sendiri barangnya
kesini.
- Adakah hambatan yang terjadi dalam proses pengiriman tersebut ? Biasanya hambatan apa saja yang sering terjadi ?
Ada, hambatan
tersebut seperti pecah ban di tengah jalan, baut yang hilang, kendaraan yang
mogok maupun jalan yang tidak bagus sehingga memperlambat dalam pengiriman.
- Bagaimana upaya perusahaan dalam mengatasi hambatan tersebut ?
Kalau
kendaraannya mogok total pasti akan menelpon perusahaan untuk minta bantuan,
tapi kalau hanya hambatan ringan seperti pecah ban, kenek/supir mencari bengkel
terdekat untuk memperbaiki kendaraan.
- Adakah perbaikan atau pengecekan terhadap kendaraan dalam melakukan pengiriman barang !
Ada, perbaikan
dilakukan setiap sebulan sekali. Barang yang masuk akan dilakukan pengecekan
sesuai dengan nota lalu dikirim langsung ke pelanggan.
Proses
bisnis : Pembayaran
- Bagaimana sistem pembayaran yang di terapkan oleh perusahaan ?
Biasanya
menggunakan tanda terima sementara, atau kami menangihnya ke pelanggan. Dari
beberapa pelanggan melakukan pembayaran dengan mendatangi perusahaan.
- Kapankah dilakukan proses pembayaran ? Apa setelah barang datang atau sebelum barang diterima oleh pelanggan ?
Proses
pembayaran dilakukan sesudah barang datang dan diantar sampai ke pelanggan.
- Apakah terdapat potongan harga dalam pengambilan barang dengan jumlah banyak ?
Tidak ada
potongan harga walaupun dengan pengambilan barang yang banyak. Kami menghitung
barang, benda padat seperti besi dengan perkilo Rp.500 hitungan perkoli
digunakan jika barangnya ringan. kalau perkoli dihitung dari besar kecilnya
barang.
Barang
kecil Rp.5000
Barang
besar Rp.15.000 - Rp.20.000
- Dalam proses pembayaran, apakah diperbolehkan pelanggan melakukan pembayaran secara kredit ?
Pembayaran bisa
dilakukan dengan kredit sesuai tempo. Biasaya tempo dilakukan 1-3 minggu paling lama dalam satu bulan.
Tidak ada
penaikan harga dalam melakukan pembayaran secara kredit, jika BBM naik maka
harga dalam pembayaran akan ikut naik.
- Menurut anda, bagaimana kalau dalam proses pembayaran di ganti menjadi media online ?
Menurut saya,
itu sangat membantu. Akan tetapi disini belum menggunakannya dikarenakan belum
mengetahui secara benar teknologi tersebut. Kami biasanya melakukan proses
pembayaran dengan uang tunai, dengan bilyt giro, atau cek
kontan.
EmoticonEmoticon