Kerangka Kerangka SPK


Terdapat 2 pandangan tentang perbedaan antara SPK dengan SIM :
  1. Sudut Pandang Konotasional
  2. Sudut Pandang Teoritikal
     A.   Sudut Pandang Konotasional
Menurut sudut pandang Konotasional, SPK adalah kemajuan secara revolusioner dari SIM dan PDE (Pengolahan Data Elektronik).
Karakteristik PDE dari Sisi Konotasional :
      •          Menitikberatkan pada data, penyimpanan, pengolahan, dan aliran pada level operasional
      •          Membantu pengolahan transaksi-transaksi secara lebih efisien
      •          Memungkinkan pengolahan komputer secara lebih terjadwal dan optimum
      •          Menyediakan pembukuan (File) terpadu untuk kegiatan yang saling berkaitan
      •          Memberikan laporan umum atau ikhtisar kepada manajer

Karakteristik SIM dari Sisi Konotasional :
          Menitikberatkan pada informasi bagi para manajer menengah
          Menangani aliran-aliran informasi yang terstruktur
          Memadukan PDE dari kegiatan-kegiatan berdasarkan fungsi usaha (SIM Pemasaran, Produksi, dll)
          Melayani kebutuhan informasi dan pembuatan laporan, umumnya melalui suatu data base.

Karakteristik SPK dari Sisi Konotasional :
          Berfokus pada keputusan, ditujukan pada manajer puncak dan pengambil keputusan
          Menekankan pada fleksibilitas adaptabilitas, dan respon yang cepat
          Mampu mendukung berbagai gaya pengambilan keputusan dari masing-masing pribadi manajer

     B.    Sudut Pandang Teoritikal
    Pada sudut pandang teoritikal, SPK bukan sekedar pengembangan evolusioner dari PDE dan SIM, namun merupakan kelas sistem informasi yang berinteraksi dengan bagian² lain dari SIM secara keseluruhan untuk mendukung aktivitas pengambilan keputusan dalam organisasi.
    Peran SPK dalam konteks keseluruhan sistem informasi ditujukan untuk memperbaiki kinerja melalui aplikasi teknologi informasi.

10 Karakteristik SPK yang efektif : 
*Mendukung proses pengambilan keputusan terutama pada Management by Perception 
*Adanya interface manusia/mesin dimana manusia (User) tetap mengontrol proses pengambilan keputusan 
*Mendukung pengambilan keputusan untuk membahas masalah² terstruktur, semi terstruktur dan tidak terstruktur 
*Menggunakan model² matematis dan statistik yang sesuai 
*Memiliki kapabilitas dialog untuk memperoleh informasi sesuai dengan kebutuhan 
*Output ditujukan untuk personil organisasi dalam semua tingkatan 
*Memiliki subsistem² yang terintegrasi sehingga dapat berfungsi sebagai kesatuan sistem 
*Membutuhkan struktur data komprehensif yang dapat melayani kebutuhan informasi seluruh tingkatan manajemen 
*Pendekatan easy to use, yang menjadi ciri SPK yang memungkinkan pemakai leluasa untuk memilih pendekatan² baru dalam membahas masalah 
*Kemampuan sistem beradaptasi dengan cepat.



Materi MK STMIK MDP
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Niel
AUTHOR
19 Maret 2013 pukul 02.59 delete

Makasih yaaaahhh..

Reply
avatar

EmoticonEmoticon

:)
:(
=(
^_^
:D
=D
=)D
|o|
@@,
;)
:-bd
:-d
:p
:ng