Gambaran Sistem Informasi Management


Era Informasi adalah periode yang melibatkan banyak informasi dalam pengambilan keputusan baik oleh individu, perusahaan dan instansi pemerintah
contoh : 
* ATM (BANK)  
* Perdagangan atau Pemasaran (layanan dengan internet)
Pengaruh globalisasi adalah melemahnya dari perbatasan nasional dalam kepentingan bisnis, pemerintah dan masyarakat.
Contoh :
* Broadcast TV / radio (sebelumnya: ditujukan untuk satu wilayah)
* layanan Bank 
* McDonald 
* Pizza Hut 
* Pesawat Penerbangan

Sistem adalah sekumpulan komponen (elemen) yang bekerja sama untuk mencapai tujuan.

Informasi adalah hasil dari pengolahan data yang memiliki cara yang lebih berguna dan lebih untuk penerima
sistem informasi adalah satu set komponen yang digunakan untuk saling kerjasama Rekam data, mengolah data, dan menyajikan informasi kepada para pembuat keputusan untuk membuat keputusan yang baik

KOMPONEN UTAMA SISTEM INFORMASI 
- Teknologi Komunikasi
- Teknologi Komputasi 
- Teknologi Informasi

Management adalah Satu set orang-orang yang ditugaskan untuk menjalankan perusahaan, organisasi atau lembaga pemerintah.
Tugas: 
- Tentukan tujuan perusahaan 
- Rencana kegiatan untuk satu periode mendatang 
- Menjalankan rencana dengan melibatkan semua pihak yang terkait dalam perusahaan

Sistem Informasi Manajemen (Management Information System) yaitu sistem informasi yang menyediakan berbagai bentuk informasi melalui berbagai media (baik hardcopy atau tercetak   maupun softcopy atau melalui tampilan dan suara).  Informasi yang dihasilkan berasal dari basis data internal perusahaan. Sistem ini relatif sederhana dalam mendukung manajemen membuat keputusan.

Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support Systems), yaitu sistem informasi yang mendukung manajemen dalam membuat keputusan dengan memberikan usulan atau perbandingan antara berbagai alternatif  jalan keluar. Informasi yang dihasilkan oleh sistem ini berasal dari basis data internal (berisi catatan yang ada didalam perusahaan) dan basis data eksternal (berisi data yang berasal dari luar perusahaan).

Sistem Informasi Eksekutif (Executive Information Systems) yaitu sistem informasi yang khusus ditujukan untuk para eksekutif dalam membuat keputusan-keputusan strategis.

Keuntungan management system informasi bagi perusahaan
1.      Mempercepat pengambilan keputusan.
2.      Menghalangi pesaing baru untuk memasuki pasar.
3.      Memungkinkan kolaborasi dengan perusahaan lain, bahkan dengan pesaing
4.       Penciptaan sebuah perusahaan virtual, yang terdiri dari berbagai perusahaan di tempat yang berbeda atau dalam bidang yang berbeda.
 
Expert system adalah sistem yang mengakomodasi berbagai keterampilan yang dimiliki oleh para ahli, sehingga orang-orang biasa akan kemampuannya untuk bertindak sebagai ahli.

Previous
Next Post »