Penjelasan Dari Flowchart Sistem Informasi Sistem Servis Kendaraan


Flowchart Sistem Informasi Servis Kendaraan





Penjelasan :
Pada sistem ini terdiri dari 4 user, yaitu Konsumen, Service Counter, Mekanik, dan Pimpinan. Proses dimulai dari Konsumen dan diakhiri oleh Pimpinan

Konsumen :
1.      Konsumen datang ke tempat service kendaraan yaitu Maju Motorindo.
2.      Konsumen memberikan data Konsumen dan keluhan ke Service Counter.
3.      Setelah proses pendaftaran, konsumen akan menerima kartu service dari Service Counter.
4.   Setelah proses service selesai, konsumen akan menerima nota pembayaran service dari Service Counter untuk melakukan pembayaran service.

Service Counter :
1.      Service Counter menerima Data Konsumen dan keluhannya dari konsumen.
2.    Service Counter melakukan pendaftaran service sesuai dengan data Konsumen dan keluhan yang diberikan oleh Konsumen.
3.     Dari pendaftaran service, Service Counter melakukan pengarsipan dokumen menjadi 2 bagian, yaitu arsip konsumen dan arsip service.
4.     Dari proses pendaftaran service dihasilkan dokumen berupa kartu service. Lalu kartu service akan diberikan ke Konsumen.
5.     Setelah proses pendaftaran selesai, Service Counter akan membuat SPK.
6.   Setelah proses service selesai, Service Counter akan menerima data kerusakan dan penggantian sparepart dari Mekanik
7.  Berdasarkan data kerusakan, nota penggantian sparepart dan data sparepart, Service Counter membuat nota pembayaran service yang selanjutnya akan diberikan kepada konsumen, lalu salinannya disimpan di arsip pembayaran
8.   Pada akhir bulan Service Counter membuat laporan penjualan sparepart,  laporan servis dan stok suku cadang berdasarkan arsip service dan data sparepart yang selanjutnya akan diberikan kepada pimpinan

Mekanik :
1.      Menerima SPK dari Service Counter.
2.      Melakukan service motor dan mengisi nota penggantian sparepart dan data kerusakan.
3.  Nota penggantian sparepart dan data kerusakan yang telah dibuat diberikan ke bagian Service Counter.

Pimpinan :
1. Menerima Laporan penjualan sparepart, laporan servis dan stok suku cadang
    dari Service Counter.
2. Proses selesai.

Previous
Next Post »