Uraian Prosedur yang sedang berjalan pada penjualan jasa service


1.  Prosedur Service
 
     User membawa unit ke acer lalu menemui CSO untuk menjelaskan kendala pada unitnya. CSO akan membuat surat service dengan 2 rangkap. Rangkap pertama akan diserahkan kepada pelanggan dan rangkap ke 2 akan digunakan untuk unit yang masuk. Untuk unit yang tidak garansi akan dikenakan biaya service diawal Rp. 88.000



2. Prosedur Pengelolaan Unit Masuk System
 
     Unit yang sudah masuk di system akan diberikan kepada admin. Admin akan mengubah status unit dari Received in Werehouse menjadi Under Testing yang artinya unit akan diserahkan kepada teknisi untuk dilakukan perbaikan. Surat service akan di cek admin apakah unit itu garansi atau tidak, jika tidak garansi unit akan diberikan keterangan non warranty.




3. Prosedur Unit Selesai diperbaiki
 
     Teknisi akan menyerahkan unit yang selesai diperbaiki kepada admin, kemudian admin akan mengelolah system yang sesuai dengan catatan dari teknisi untuk mengubah status untuk menjadi selesai. Jika unit tidak garansi, admin akan menelpon ke pelanggan untuk menawarkan pergantian sparepart pada kerusakan yang ada di unit pelanggan. Pelanggan bisa memilih untuk menyetujui pergantian sparepart dengan biaya tersebut atau bisa cancel jika biaya tidak sanggup dibayar.




4. Prosedur Pencatatan Unit Selesai
 
     Unit dengan status selesai akan dimasukkan di data excel dengan kelengkapan nama pelanggan, tipe unit, tipe warranty atau non warranty, kerusakan unit, pergantian sparepart, dan nama teknisi yang mengerjakannya untuk dijadikan laporan bulanan.




5. Prosedur Pengambilan Unit

      Unit yang sudah selesai akan mendapatkan panggilan atau sms dari acer. User akan dating ke acer lalu menemui CSO dan menyerahkan surat service unitnya. CSO akan memeriksa di system untuk status unit, jika selesai unit yang garansi akan di serahkan kembali kepada pelanggan. Jika tidak garansi pelanggan harus melakukan pembayaran terlebih dahulu sesuai dengan tawaran pergantian sparepart yang sudah di setujui sebelumnya. Lalu bagian kasir akan mencetak invoice, satu akan dikirimkan ke pihak pusat (pimpinan Jakarta), satu diberikan kepada pelanggan dan satu nya lagi akan diarsipkan.


Previous
Next Post »